Rabu, 20 Maret 2013

Multimedia Pembelajaran, Belajar jenis-jenis surat dengan media gambar


Tugas Multimedia Pembelajaran
Belajar Menulis Surat Dengan Media Gambar
Tim Putri
Disusun oleh:
Asna
Nuraini Astria Yasmi
4E

Program Studi Bahasa Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Islam Riau
Pekanbaru
2013





Media Gambar
Kata media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara  harfiah berarti perantara atau pengantar. Asosiasi teknologi dan komunikasi pendidikan di Amerika membatasi media merupakan segala bentuk dan saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan/informasi. Media juga diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima pesan, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar mengajar terjadi (Sadiman, Arif 1984:6). Sedangkn Raharjo (1991) menyatakan bahwa media sebagai alat bantu pembelajaran. Hal ini berarti media merupakan alat bantu yang digunakan guru untuk memotifasi belajar peserta didik, memperjelas informasi/pesan pengajaran, memberi tekanan pada bagian yang penting, memberi variasi pengajaran, dan memperjelas struktur pengajaran.
Proses pembelajaran dapat dikatakan proses komunikasi antara guru dengan siswa yang keduanya saling terlibat dalam komunikasi tersebut. Dalam proses komunikasi ada tiga komponen yang harus diperhatikan yaitu sumber pesan, media penyalur pesan dan penerima pesan. Media mempunyai fungsi sebagai alat bantu visual dalam kegiatan pembelajaran yaitu berupa saran yang dapat memberikan pengalaman visual kepada siswa antara lain untuk mendorong motivasi belajar, memperjelas konsep abstrak dan mempertinggi daya serap/prestasi belajar siswa. Gambar dapat diartikan sebagai tiruan barang (orang, binatang, tumbuhan,dsb) yang dibuat dengan tinta, cat coret, potret, dsb Purwodarminto (dalam Utami:2000). Gambar juga diartikan sebagai media visual yng dapat diamati oleh setiap orang yang memandangnya sebagai wujud perpindahan dari keadaan yang sebenarnya, baik mengenai pemandangan, benda, barang-barang atau suasana kehidupan.
Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa media gambar adalah media yang tidak diproyeksikan dan dapat dinikmati oleh semua orang sebagai pindahan dari keadaan yang sebenarnya mengenai orang, suasana, tempat, barang, pemandangan, dan benda-benda yang lain



Langkah-langkah pembuatan media gambar
1.      Prinsip-prinsip pemakaian media gambar.
  • Pergunakanlah gambar untuk tujuan-tujuan pengajaran yang spesifik, yaitu dengan cara memilih gambar tertentu yang akan mendukung penjelasan inti pelajaran atau pokok-pokok pelajaran.
  • Padukan gambar-gambar kepada pelajaran, sebab keefektivan pemakaian gambar-gambar di dalam proses belajar mengajar memerlukan keterpaduan. Bilamana gambar-gambar itu akan dipakai semuanya, perlu dipikirkan kemungkinan dalam kaitan pokok-pokok pelajaran.
  • Pergunakanlah gambar-gambar itu sedikit saja, daripada menggunakan banyak gambar tetapi tidak efektif.
2.      Memilih gambar yang baik dalam pengajaran

·         Keaslian gambar. Gambar menunjukkan situasi yang sebenarnya, seperti melihat keadaan atau benda yang sesungguhnya. Kekeliruan dalam hal ini akan memberikan pengaruh yang tak diharapkan gambar yang palsu dikatakan asli.
  • Kesederhanaan. Gambar itu sederhana dalam warna, menimbulkan kesan tertentu, mempunyai nilai estetis secara murni dan mengandung nilai praktis. Jangan sampai peserta didik menjadi bingung dan tidak tertarik pada gambar.
3.      Mengajar siswa membaca gambar
  • Warna. Siswa sangat tertarik pada gambar-gambar berwarna.
  • Ukuran. Dapat dibandingkan antara gambar satu dengan gambar yang lain.
  • Jarak. Maksudnya agar anak dapat mengira-ngira jarak antara suatu obyek dengan obyek lainnya dalam suatu gambar, misalnya jarak antara puncak gunung latar belakangnya.
  • Sesuatu gambar dapat menunjukkan suatu gerakan.
  • Temperatur. Bermaksud anak memperoleh kesan apakah di dalam gambar temperaturnya dingin atau panas.
Kelebihan dan Kekurangan Media Gambar

1.      Kelebihan media gambar antara lain:
  • Sifatnya konkrit. Gambar/ foto lebih realistis menunjukkan pokok masalah dibanding dengan media verbal semata.
  • Gambar dapat mengatasai masalah batasan ruang dan waktu. Tidak semua benda, objek atau peristiwa dapat dibawa ke kelas, dan tidak selalu bisa, anak-anak dibawa ke objek tersebut. Untuk itu gambar atau foto dapat mengatasinya. Air terjun niagara atau danau toba dapat disajikan ke kelas lewat gambar atau foto. Peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lampau, kemarin atau bahkan menit yang lalu kadang-kadang tak dapat dilihat seperti apa adanya. Gambar atau foto sangat bermanfaat dalam hal ini.
  • Media gambar dapat mengatasi keterbatasan pengamatan kita. Sel atau penampang daun yang tak mungkin kita lihat dengan mata telanjang dapat disajikan dengan jelas dalam bentuk gambar.
  • Dapat memperjelas suatu masalah, dalam bidang apa saja dan untuk tingkat usia beberapa saja, sehingga dapat mencegah atau membetulkan kesalah pahaman.
  • Murah harganya, mudah didapat, mudah digunakan, tanpa memerlukan peralatan yang khusus.
2.      Kekurangan media gambar antara lain:
  • Gambar atau foto hanya menekankan presepsi indra mata.
  • Gambar atau foto benda yang terlalu kompleks kurang efektif untuk kegiatan pembelajaran.
  • Ukuran sangat terbatas untuk kelompok besar.



Teknik dan Taktik Penggunaan Dalam Proses Belajar
v  Dalam proses belajar yang menggunakan media gambar, guru terlebih dahulu menjelaskan materi yang akan disampaikan.
v   Kemudian guru memperlihatkan gambar yang akan mendukung pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan.
v  Guru menjelaskan tentang gambar dan membantu siswa dalam memahami arti gambar tersebut.
v  Setelah siswa mengerti dengan apa yang dipelajari, guru memberikan tugas kepada siswa untuk mencari contoh gambar yang lain sesuai dengan meteri yang dipelajari.

Contoh media gambar dalam pembelajaran surat
http://sbr.gafatar.org/wp-content/uploads/2012/09/kartu-pos.jpghttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgBawQG18r31palStPa7Sulfg5YWTkK3JvKK1S9W-0VvLXmWYsEj11NUnik2_pz1_CmGZ6XvZregMu5f4YwBCAMa8WZXmDpvtVtBMft6H9yJZuy80U2vzlqd_eMOjNH4J3dIvRzDwZqNlth/s1600/1997-Kartu+Pos+Tahun+Telekomunikasi.jpg

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiR9UHA2PwecyEeiGMUF4tf-cmqjBZHQCDbyN2-OvSbh0ZWs9hjnv5xE9HFaqcq4h49_yOd4SV2MZu0EwhvjAON24FQdRqvh92C5Tl7x75vhmMyjYzgP-hueleFazdCo5_R4jrNMQf1VxA/s1600/Telegram(50%25).JPGhttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiqYAVHhWlFT2SWlRJHwMGo2Qa_7oIMP2EsWR8P9uPM4ZHVHASMOkw35WJZBB9ANcBz1k3XTMoUAA4-Y5B0CHU3oWXVQwY_k_Mk-STunasYh4AXGkvomqZfTKfof-iQ-EwmVZVauVGb7Yek/s1600/Warkat+Pos+27+Juli+57.jpg

http://www.freewebs.com/buktinyata/wesel12.jpg
DAFTAR PUSTAKA

Sekolah Dasar. 2012. Pengerian dan Karekteristik Media Gambar. Dari http://www.sekolahdasar.net.html diakses 21 februari 2013
Sarjanaku.com. 2012. Pengertian Media l Pemanfaatan Media Gambar Data Proses Belajar Mengajar. dari http://www.sarjanaku.com.html diakses 21 februari 2013



Tidak ada komentar:

Posting Komentar